MENGAPA UMUR HEWAN LEBIH PENDEK DIBANDING MANUSIA?

Mungkin pertanyaan ini pernah menghampiri kita baik karena ditanya ataupun muncul dari dalam  benak  Kita sendiri. Ya, memang jika kita perhatikan umur hewan cenderung lebih singkat jika dibandingkan dengan umur manusia, walaupun ada juga hewan berumur lebih panjang  dari kita  seperti kura-Kura  raksasa  yang mampu hidup selama 152 tahun dan kalkun Buzzard yang mampu hidup  118 tahun. Hal ini memang cukup menyedihkan bagi sebagian pemilik hewan peliharaan mengetahui bahwa  Anda  hanya  bisa menghabiskan  sebagian  kecil dari hidup Anda dengan hewan peliharaan/ kesayangan Anda tersebut. Akan tetapi, memang belum ada penjelasan yang benar-benar ilmiah tentang  jangka hidup hewan  Namun, ada  beberapa  teori  yang  dapat menjelaskan mengapa   umur hewan lebih   singkat   daripada  manusia.


1. Ukuran

Secara umum kita ketahui  bahwa  hewan   yang  lebih  besar  memiliki   umur  yang  lebih  panjang  seperti kita membandingkan tupai yang mempunyai tubuh lebih besar dari tikus mampu  hidup selama 14 tahun sementara tikus yang ukurang tubuhnya lebih kecil hanay mampu hidup selama 3 tahun.  Namun, para ilmuwan telah menemukan  banyak  kelemahan  dengan teori  ini.   Contoh yang paling jelas adalah  bahwa  kita  manusia hidup rata-rata 70 sampai  75 tahun, namun kita lebih Kecil dari pada beruang grizzly, yang hanya  hidup 32 tahun. Hal ini membuat para ilmuan berkesimpulan bahwa bukan  ukuran tubuh yang mempengaruhi umur namun  ukuran  otak  merupakan  faktor  penentunya. Oleh karena itu, salah satu factor mengapa  umur  kita  lebih panjang dibanding dari hewan lain adalah bahwa kita  memiliki   rasio  otak yang lebih besar (berbanding ukuran tubuh) dari pada kebanyakan hewan lain.

2.Metabolisme
Faktor lain yang mempengaruhi umur adalah metabolism tubuh. Hewan kecil  umumnya  memiliki metabolisme lebih cepat.  Hal ini menyebabkan hewan yang  lebih  kecil yang memiliki metabolisme  tinggi  mencapai akhir masa hidup  mereka pada waktu yang jauh lebih cepatdari pada hewan yang lebih besar.  Sebagai hewan yang lebih besar dengan metabolisme yang lebih lambat,  manusia memiliki umur yang lebih panjang dan tingkat penuaan yang cenderung lebih lambat.

3.Reproduksi
Faktor lain yang amat menonjol dalam umur hewan adalah usia kematangan  seksual dan litter size (banyaknya individu yang lahir saat melahirkan). Hewan  yang   cepat  mencapai  kematangan  seksual  dan  memiliki  litter  size yang  besar  akan memiliki  umur  lebih  pendek.  Manusia  membutuhkan waktu  lama  untuk  mencapai kematangan seksual  dibandingkan  dengan  hewan   lain,   dan kita umumnya hanya  memiliki satu anak pada suatu waktu.  Oleh karena itu,  kita perlu umur yang lebih panjang  untuk  menggantikan  populasi   kita.  Hal  ini berbeda dengan tikus  yang mencapai  kematangan  seksual  dalam  beberapa  minggu setelah lahir lahir dan mampu memiliki litter size enam  atau  lebih, hal inilah yang membuat umurnya lebih pendek.
4.Teori / Spekulasi

Selain ukuran, metabolisme dan reproduksi (kematangan seksual dan litter size),  ada beberapa  alasan  lain mengapa kita hidup lebih lama dari hewan lain.  Sesuai dengan yang dikemukakan sebelumnya bahwa kematangan  seksual  menjadi faktor yang menentukan umur, dalam dunia hewan hal  ini berteori   bahwa  hewan mangsa butuhkan untuk mencapai kematangan seksual  lebih cepat karena mereka hidup lebih berbahaya disbanding manusia  (banyak predator) sehingga perlu  untuk  mereproduksi  secepat mungkin  untuk kembali mengisi spesies. Manusia yang tidak memiliki  predator alami dan cenderung menikmati hidup, hal inilah yang membuat manusia  tidak terlalu terpacu untuk mengalami kematangan sesksual lebih dini yang  pada akhirnya memperpanjang umur dan memperlambat penuaan.

About estina

Mencoba Memberi Manfaat Bagi Seluruh Alam...

Posted on May 15, 2011, in TANYA MENGAPA and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: